1 Hal Arti Dasar Mengenai Aqiqah

Dear ayah dan bunda sahabat jasa aqiqah, secara terminologis aqiqah adalah rambut yang sudah tumbuh di kepala bayi ketika dilahirkan. Dinamakan demikian, karena rambut tersebut membelah kulit. Imru’ul Qais mengatakan dalam syairnya :

Hai Hindun, jangan menikah dengan orang tolol itu !

Rambut bayinya belum dicukur dan kulitnya belang !

Diambil dari kata aqo-yaiqu-yaaqu. Dikatakan aqoanibnihi, artinya mencukur rambut kepala anaknya atau menyembelih kambing yag juga dinamakan aqiqah. Ibnul Manzhur mengatakan. “Kambing yang disembelih juga dinamakan aqiqah. Sebab, kambing tersebut disembelih dan dibelah tenggorkan serta kedua arterinya, seperti (adzabhu) yang artinya mebelah, yang juga digunakan sebagai nama hewan sembeliha.” (Lisanul Arab 9/325)

Arti Dasar Aqiqah

Iman an Nawawi mengatakan : Imam Abu Manshur al Azhari mengatakan : Abu Ubaid berkata bahwa al Ashma’I dan lain lain mengatakan, “Arti dasar aqiqah adalah rambut yang sudah tumbuh di kepala bayi ketika baru dilahirkan. Kemudian, kambing yang disembelih untuk bayi itu juga dinamakan aqiqah. Karena, rambut si bayi dicukur ketika kambing tersebut disembelih. Oleh karena itu, dalam hadis disebutkan ‘Bersihkanlah kotorannya’ maksudnya adalah rambut yang dicukur tersebut.

Baca Juga artikel terkait : Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Menurut Al Azhari,” Rambut hewan dinamakan aqiqah tanpa huruf TA Marbuthah.” Al Azhari melanjutkan,”Arti dasar kata al aqo adalah membelah dan memotong. Rambut yang sudah tumbuh bersama dengan seorang bayi yang baru lahir dari kandungan ibunya dinamakan aqiqah. Sebab, kalau berada pada di atas kepala manusia, harus dipangkas & cukur.

Sedangkan kalau berada pada tubuh hewan, akan rontok dengan sendirinya. Kemudian, hewan yang disembelih juga dinamakan aqiqah, sebab hewan tersebut dibelah dan dipotong tenggorokan serta kedua arterinya.Seperti adzbhu yang artinya membelah, yang juga digunakan sebagai nama hewan sembelihan.”

Demikianlah ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah makna aqiqah secara terminologis. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *