1 Hal Arti Dasar Mengenai Aqiqah

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
1 Hal Arti Dasar Mengenai Aqiqah

Dear ayah dan bunda sahabat jasa aqiqah, secara terminologis aqiqah adalah rambut yang sudah tumbuh di kepala bayi ketika dilahirkan. Dinamakan demikian, karena rambut tersebut membelah kulit. Imru’ul Qais mengatakan dalam syairnya :

Bun, Inilah 3 Manfaat Hati Ayam Untuk Si Kecil Loh !

Hai Hindun, jangan menikah dengan orang tolol itu !

Rambut bayinya belum dicukur dan kulitnya belang !

Diambil dari kata aqo-yaiqu-yaaqu. Dikatakan aqoanibnihi, artinya mencukur rambut kepala anaknya atau menyembelih kambing yag juga dinamakan aqiqah. Ibnul Manzhur mengatakan. “Kambing yang disembelih juga dinamakan aqiqah. Sebab, kambing tersebut disembelih dan dibelah tenggorkan serta kedua arterinya, seperti (adzabhu) yang artinya mebelah, yang juga digunakan sebagai nama hewan sembeliha.” (Lisanul Arab 9/325)

Arti Dasar Aqiqah

Iman an Nawawi mengatakan : Imam Abu Manshur al Azhari mengatakan : Abu Ubaid berkata bahwa al Ashma’I dan lain lain mengatakan, “Arti dasar aqiqah adalah rambut yang sudah tumbuh di kepala bayi ketika baru dilahirkan. Kemudian, kambing yang disembelih untuk bayi itu juga dinamakan aqiqah. Karena, rambut si bayi dicukur ketika kambing tersebut disembelih. Oleh karena itu, dalam hadis disebutkan ‘Bersihkanlah kotorannya’ maksudnya adalah rambut yang dicukur tersebut.

Baca Juga artikel terkait : Syarat Pelaksanaan Aqiqah Dalam Islam

Menurut Al Azhari,” Rambut hewan dinamakan aqiqah tanpa huruf TA Marbuthah.” Al Azhari melanjutkan,”Arti dasar kata al aqo adalah membelah dan memotong. Rambut yang sudah tumbuh bersama dengan seorang bayi yang baru lahir dari kandungan ibunya dinamakan aqiqah. Sebab, kalau berada pada di atas kepala manusia, harus dipangkas & cukur.

Sedangkan kalau berada pada tubuh hewan, akan rontok dengan sendirinya. Kemudian, hewan yang disembelih juga dinamakan aqiqah, sebab hewan tersebut dibelah dan dipotong tenggorokan serta kedua arterinya.Seperti adzbhu yang artinya membelah, yang juga digunakan sebagai nama hewan sembelihan.”

Demikianlah ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah makna aqiqah secara terminologis. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah. 

Tri Ardi Muhammad

Tri Ardi Muhammad

Leave a Replay

Jasa Aqiqah Jakarta dan Tangerang

Jasa Aqiqah Tempat aqiqah terpercaya Yang Menyediakan Paket Aqiqah Jakarta dan Tangerang yang bergaransi dan mempunyai standar internasional dan tentunya bersertifikat LAIK Hygene dan juga Halal.

Recent Posts

Promo Menarik Aqiqah

Hubungi Kami Jasa aqiqah terpercaya

Promo Menarik Jasa aqiqah Dapatkan segera!

Terdapat promo khusus setiap pemesanan paket aqiqah 

artikel jasa aqiqah

Kantor Pusat

Jalan Ciledug Raya Nomor 3 H Sebelah Gateway Apartment Kelurahan Kecamatan Pesanggrahan, RT.4/RW.3, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12270

Jam Buka Service Office

Buka Setiap Hari
Jam Buka   : 07.00 WIB
Jam Tutup : 21.00  WIB

© 2021 JasaAqiqah Incorporated. All rights reserved

Privacy Policy      Terms and Conditions          Disclaimer        Contact Us

test food jasa aqiqah

Khusus untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah, kami memberikan test food gratis agar ayah bunda yakin untuk memberikan yang terbaik

Isi Form Data

×